Selasa, 10 Agustus 2010

TIPS MENGHAFAL PELAJARAN DENGAN MUDAH

Anak-anakku tersayang,
Dulu, ibu juga bukan murid yang selalu mendapat nilai bagus. Tetapi sebagai seorang  siswa yang tiap tahun sadar akan selalu menghadapi ujian untuk kenaikan kelas, mau tidak mau ibu harus belajar dengan sungguh-sungguh untuk meraih nilai yang memuaskan.
Ini pengalaman ibu, ini saran yang ingin ibu bagikan (yang rupanya juga banyak orang atau perusahaan alat tulis juga menggunakan untuk promosi produknya) agar kita dapat menghafal pelajaran dengan lebih mudah, yaitu:
1. Sediakan alat tulis yang nyaman untuk menulis.
2. Pensil warna, stabilo, atau spidol warna.
3. Siapkan buku catatan. Pilih bentuk buku dan kualitas kertas yang lumayan.
4. Ikuti pelajaran. Simak jika bapak atau ibu guru menerangkan pelajaran. Buka buku paket dan bacalah...! Temukan dan cocokkan keterangan bapak/ibu guru dengan pelajaran yang tertulis di dalam buku paket.
5. Jika kamu paham; segera disalin atau membuat catatan-catatan penting dan tandai dengan warna-warna kesukaanmu atau berilah gambar atau simbol-simbol yang ada hubungannya dengan pelajaran, semampumu...sesuai kesukaanmu ...! Sadarilah bahwa kamu bukan seorang pelukis handal. Melainkan karena suatu bentuk ekspresimu bahwa bagian itu harus kamu ingat, kamu mengerti, dan kamu (harus) paham!
6. Jika belum paham ; Segera tanyakan dan minta dengan hormat agar sudilah kiranya bapak/ibu gurumu mau mengulang untuk menjelaskan pelajarannya kembali, dan simaklah !
7. Cintai buku catatanmu, bagaikan buku Diarymu yang selalu kau buka setiap waktu (dalam sedih maupun suka), yang kau butuhkan sebagai teman hidupmu melebihi sahabatmu.
8. Dan jadilah bagian yang tersulit dan enggan untuk senantiasa kalian lihat,bahkan kalian baca,berubah....
menjadi hal yang kau harapkan...kau ingat, kapan juga...!
9. Ada yang mau mencoba...?


Alhamdulillah, paling tidak anda sudah selangkah  maju ke depan untuk usaha melakukan perubahan dalam kebaikan .....
Insyaallah....
Ibu sayang kalian semua....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar